Pilih mana motor Yamaha R15 atau CBR 150R

09/10/2014 23:59

Yamaha R15 menjadi salah satu motor berdesain bodi full fairing yang siap bersaing di pasar Indonesia. Sebelumnya, pasar Indonesia memang minus motor sport berdesain full fairing. Kalaupun ada, motor sport tersebut merupakan motor CBU atau motor impor. Dilepas dengan harga motor Yamaha R15 yang terjangkau, motor ini dikabarkan siap menghadang laju CBR 150R yang sama – sama bertarung di kelas motor sport 150 CC. Kedua harga motor terbaru ini yang terpaut jauh pun menjadi salah satu pertanyaan banyak konsumen. 

Manakah diantara kedua motor Yamaha dan Honda ini yang terbaik di kelasnya? Berikut perbandingan kedua motor dari beberapa sisi:

Desain Yamaha R15 atau CBR 150R

Yamaha R15 terinspirasi oleh motor cc besar Yamaha R1 dan Yamaha R6. Desain Fairing yang dihadirkan dirancang khusus lebih aerodinamis dan stylish untuk motor kelas 150 CC. ini menjadi inovasi terbaru dari Yamaha, karena selama ini Yamaha di jarang menghadirkan motor dengan model Fairing. Bodynya terbilang besar namun cukup nyaman untuk dikendarai. Hadir dengan desain premium Harga motor Yamaha R15 jauh terjangkau dibanding pesaingnya.

Di kelas yang sama, nama Honda CBR 150R menjadi salah satu pelopor motor CBU yang masuk ke Indonesia. Motor produksi Honda Thailand dan Honda Jepang ini sempat merajai kelas motorsport 150CC karena desain fairing kala itu belum banyak digunakan. Untuk versi terbaru, Honda menghadirkan desain yang lebih segar dibanding seri – seri awal. Honda CBR 150R juga mengadopsi konsep dari moge Honda. Desainnya terbilang padat namun kurang beraroma balap.

Dari segi desain , Yamaha R15 tampaknya lebih unggul disamping beraroma balap dan dual headlamp, motor ini sudah menggunakan rangka berjenis deltabox. Namun, untuk pengguna roda dua yang mendambakan motor yang stabil dan besar, tampaknya Honda CBR 150R menjadi pilihan yang tepat. Hal ini juga terlihat dari kapasitas tangki CBR 150R yang terbilang besar 13 liter, sementara untuk R15 hanya 12 liter.

Mesin Yamaha R15 atau CBR 150R

Untuk masalah mesin, dengan harga motor terbaru Honda yang tinggi, CBR 150R lebih unggul dibanding mesin Yamaha R15. Meski kedua motor mengusung mesin yang tak jauh berbeda yakni mesin berkapasitas 150 cc 4 tak silinder tunggal. Yang berbeda, Yamaha masih menggunakan teknologi SOHC 4 katup sementara Honda sudah mengusung teknologi DOHC 4 katup. Dengan mesin tersebut, Honda diklaim lebih bertenaga dengan nafas yang lebih panjang bahkan mampu menyemburkan 13,1 KW dengan torsi maksimal 12,6 NM. Untuk Yamaha R15, hanya mampu mengeluarkan daya sebesar 12,2 KW dan torsi 14,5 NM. Menariknya kedua motor sudah menggunakan 6 kecepatan yang tentu saja membuat motor dapat berlari kencang.

Kedua motor memang sudah menggunakan sistem injeksi pada penyuplai bahan bakar. Honda mengusung teknologi PGM-Fi sementara Yamaha dengan teknologi YMJET-FI. Untuk sistem injeksi, teknologi Yamaha R15 diklaim lebih unggul dalam menghemat bahan bakar. Walaupun injeksi, kedua motor inisanggup berlari kencang dan tetap irit bahan bakar. Kedua motor juga sudah mengusung sistem pendingin cair untuk menjaga suhu mesin. Dengan sistem pendingin ini, mesin motor akan lebih awet dan terjaga.

Bagian kaki – kaki Yamaha R15 atau CBR 150R

Sebagai sebuah motor sport dengan desain fairing, kedua motor berkapasitas ini dibekali kaki – kaki yang kekar untuk menunjang kestabilan dalam berkendara. Yamaha R15 menggunakan shock depan teleskopik yang mumpuni. Untuk shock belakang, Yamaha menggunakan monoshock dan lengan ayun inovasi terbaru. Lengan ayun dengan bahan aluminium yang dihadirkan dijamin memberi kestabilan dan tetap kokoh melibas jalanan Indonesia.

Honda CBR 150R juga mengusung sistem suspensi yang takjauh berbeda. Motor ini hadir dengan shock teleskopik di depan dan monoshock dibelakang. Yang menarik, kedua motor sama – sama menggunakan pelek dan ban tapak lebar. Honda CBR 150R menggunakan ban berukuran 100/80 -17 didepan dan 130/70 – 17 di belakang. Untuk Yamaha R15 ada sedikit perbedaan, motor ini memakai ban depan 90/80 -17 dan belakang 130/80 -17. Ukuran tersebut diharapkan memberikan keamanan dan kestabilan dalam berkendara.

Terakhir, untuk masalah harga, harga motor terbaru Yamaha R15 lebih terjangkau dibanding Honda CRR 150R. Yamaha dikisaran 30 jutaan sementara Honda 42 jutaan. Jadi, pilihan ada ditangan Anda? 

Contact

Informasiotomotif